***** RITECH EXPO 2014 DIGELAR DI GEDUNG BPPT II JAKARTA TGL 9 - 12 AGUSTUS 2014 ***** PUSPIPTEK Memberikan Pelayanan Kunjungan Wisata Iptek ***** PUSPIPTEK dikelola Oleh Asdep Jaringan Penyedia dengan Pengguna, Deputi Bidang Jaringan Iptek.

No Telpon Penting

  • POS PEMADAM KEBAKARAN : 4455, 4456
  • GRAHA WIDYA BHAKTI : 4810
  • POS GERBANG PERUMAHAN PUSPIPTEK : 4406
  • POSKO UTAMA SATPAM : 4400
  • SATPAM PINTU GERBANG : 4404

Statistik User


    1082165

    Pengunjung hari ini : 484
    Total pengunjung : 210390
    Hits hari ini : 2002
    Total Hits : 1082165
    Pengunjung Online : 4

Polling

Agenda

Galeri Video

  • Rencana Kerja Kementerian Riset

  • Video lainnya.......

Peta Lokasi

Sabtu, 13 Juni 2009 - 04:50:27 WIB
BTMP BPP Teknologi, Kawasan Puspiptek Mengkaji Mesin Hibrida
Kategori: Berita Kawasan - Dibaca: 343 kali
Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, melalui BTMP di Kawasan Puspiptek, mengkaji pengembangan teknologi kendaraan dengan sistem hibrida. Ini merupakan antisipasi pemerintah menghadapi masuknya kendaraan hibrida yang diperkirakan beredar di Indonesia pertengahan 2006.

Kepala Balai Termodinamika Motor dan Propulsi BPPT Nila Damitri mengungkapkan bahwa keinginan BPPT mengkaji teknologi mesin hibrida itu bersambut dengan tawaran kerjasama dari PT Honda Prospec Motor (HMP). Melalui kerjasama itu HMP menyediakan kendaraan hibrida yang dikembangkan Honda, yakni Honda Civic FD3 1.3 AT IMA sebagai benda uji.

Penandatanganan kerja sama oleh Deputi Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun (TIRB) Said D Jenie dan Wakil Presiden Senior PT HPM Kusnadi Budiman, disaksikan Menteri Negara Riset dan Teknologi/Kepala BPPT Kusmayanto Kadiman dan Presiden Direktur PT HPM Kenji Otaka di Gedung BTMP Puspiptek Serpong, Senin (23/1). Dua unit kendaraan hibrida yang akan diserahkan oleh PT HMP pada awal Februari 2006 masing-masing akan digunakan untuk uji kinerja dan uji emisi, serta untuk sosialisai dan edukasi teknologi Hibrida. “Kami akan menguji kinerjanya dan jalan raya, juga emisi untuk melihat parameter yang terkait dengan pemakaian bahan bakar dan tingkat emisinya,” kata Nila.


Bantu Indonesia

Otaka berharap, kehadiran teknologi hibrida dari Honda yang telah melalui riset yang panjang sebelum diluncurkan September 2005 dan mendapat pengakuan di berbagai negara dapat diterapkan dengan baik di Indonesia. “Kami ingin berkontribusi terhadap pengembangan teknologi hemat energi dan rendah emisi untuk perbaikan kualitas lingkungan di Indonesia,” ujarnya.

Kendaraan bermotor hibrida juga disebut sebagai kendaraan ramah lingkungan (eco-car) karena memadukan teknologi mesin berbahan bakar bensin (gasoline) dan listrik. Selain mengurangi polusi, teknologi hibrida diklaim dapat mengurangi penggunaan bahan bakar hingga separuhnya. Teknologi tersebut manggabungkan motor bensin dengan motor listrik dan juga berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang baterai. Berbagai industri otomotif yang juga telah meneliti dan mengembangkan teknologi hibrida antara lain Toyota, Ford, General Motors, dan Chriysler.

Kusmayanto mengemukakan, jika hasil pengkajian BPPT kelak hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, terutama dapat menekan emisi, pihaknya akan mendukung sepenuhnya penerapan teknologi tersebut. “Kalau hasilnya bagus, gagasan itu akan kami ‘jual’ ke instansi terkait, Kementerian Negara Lingkungan Hidup, dan Departemen Perindustrian. Kami juga akan menampilkannya di website BPPT maupun brosur-brosur serta dalam tulisan ilmiah popular. Tentu saja kami akan memaparkan keuntungan dan juga kalau ada kerugiannya menggunakan teknologi tersebut,” tuturnya.

Nila menguraikan, BTMP merupakan laboratorium uji emisi gas buang yang menjadi bagian dari uji tipe kendaraan roda dua dan roda empat. Khusus untuk kendaraan bermotor roda dua, BTMP telah melakukan uji publik terhadap sekitar 45 dari 56 tipe sepeda motor. BTMP juga telah melaksanakan uji emisi terkait dengan uji tipe untuk sekitar 50 tipe kendaraan roda empat di chassis dynamometer. “Awal Januari ini kami menguji emisi kendaraan bermotor heavy duty,” tambahnya. (LAM)

Sumber : Kompas (24/01/06)/WB


(sumber dari BPPT)


2 Komentar :

Kawasan Industri
26 November 2013 - 10:23:00 WIB

Kawasan puspiptek serpong ini memang terkenal dengan penelitian nuklir skala kecil dan menengah untuk kedamaian seperti radiasi terhadap bahan pangan. Selain itu juga ada penelitian tentang teknologi lainnya disini.
mesin laundry
19 Februari 2014 - 13:33:05 WIB

semoga Mesin Hibrida yang sudah ada dapat dipakai dengan efektif dan seefisien mungkin agar pekerjaan menjadi lebih mudah.
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Puspiptek dikelola oleh asdep jaringan penyedia dengan pengguna.